BGP NTB –¬†Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) saat ini mendapat banyak perhatian dari berbagai kalangan di bidang pendidikan. Salah satunya Program (2016-2023) INOVASI yang merupakan kemitraan antara pemerintah Australia dan Indonesia.

Sebagai mitra pembangunan Kemdikbudristek, Inovasi juga ikut mengawal Implementasi Kurikulum Merdeka Jalur Mandiri  yang diluncurkan oleh Pemerintah. Salah satu strategi yang dilakukan oleh Inovasi adalah memberikan pendampingan pada Kepala Sekolah dan guru SD yang menjadi Pilot Project INOVASI di Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa. Pilot Project di Pulau Lombok berada di Kabupaten Lombok Timur dan Kabupaten Lombok Tengah.

Balai Guru Penggerak (BGP) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) turut berperan dalam kegiatan yang dilakukan oleh INOVASI yaitu kegiatan Orientasi Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Tahap II yang diperuntukkan kepada Fasda-Fasda Inovasi yang akan memberikan pembekalan pada Kepala Sekolah dan Guru SD. Adapun tahapan pada kegiatan orientasi ini adalah review materi IKM dan simulasi pelatihan oleh Fasda, kegiatan ini dilakukan sejak tanggal 7 s.d 8 Juli 2022 bertempat di Kantor INOVASI.