BGP NTB, 2 April 2023 – Dalam mengembangkan program sekolah yang berpihak pada murid diperlukan prakarsa perubahan yang mengedepankan pelibatan warga sekolah serta pengembangan diri yang berkelanjutan. Hal ini merupakan pemahaman bermakna yang terkandung dalam lokakarya 6 Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) angkatan 6 yang tengah berlangsung saat ini. Kegiatan yang diselenggarakan Balai Guru Penggerak Nusa Tenggara Barat (BGP NTB) ini dilaksanakan secara serentak di 6 kabupaten/kota yang menjadi sasaran, yaitu: Kota Mataram, Kab. Lombok Barat, Kota Bima, Kab. Dompu, Kab. Sumbawa dan Kab. Sumbawa Barat.
Selain 317 Calon Guru Penggerak (CGP) dan 64 orang Pengajar Praktik (PP), lokakarya ini juga dihadiri oleh 6 orang peserta undangan, unsur Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kab/kota, unsur Cabang Dinas Pendidikan, tim panitia dari BGP NTB dan tentunya pejabat di masing-masing daerah yang kemudian membuka kegiatan di lokasi yang telah ditentukan. Kepala BGP NTB Drs. Suka, M.Pd. sendiri pada kesempatan kali ini hadir dan memberikan sambutan dalam pelaksanaan di Kabupaten Lombok Barat. Dalam sambutannya menitipkan harapan Semoga Guru Pengerak akan membawa perubahan dan bisa menularkan ilmu yang didapatkan kepada guru-guru yg lain sesuai jargon Program Guru Penggerak “Tergerak, Bergerak, dan Menggerakkan”, ujarnya.
Sesuai jadwal yang telah ditentukan, usai pembukaan para peserta dan narasumber memasuki kelas/ruang belajar yang telah dikelompokkan ke dalam kelas sesuai dengan rasio pengajar praktik di masing-masing kabupaten/kota.
Di dalam kelas, CGP didampingi PP melanjutkan proses pembelajaran sesuai tema lokakarya 6 yakni “Keberlanjutan Pengembangan Diri dan Sekolah”. Pembelajaran dilaksanakan dengan 2 metode yakni pleno dan diskusi kelompok Pengajar Praktik. Dari proses pembelajaran yang diikuti CGP ini nantinya diharapkan menghasilkan beberapa produk utama, yakni:
• Rencana kerja pengembangan program sekolah yaitu tahapan J (Jabarkan Rencana) dan A (Atur Eksekusi) pada “BAGJA” sebelumnya.
• Hasil identifikasi kekuatan diri
• Rencana pengembangan kompetensi diri sebagai pemimpin pembelajaran.