Sukamulia, 26 Agustus 2023 – Sebagai tahap awal kegiatan lokakarya program sekolah penggerak dalam upaya untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan, BGP Nusa Tenggara Barat menggelar lokakarya perencanaan pembelajaran bagi Angkatan 3 Program Sekolah Penggerak di Kabupaten Lombok Timur. Kegiatan berlangsung pada tanggal 26 Agustus 2023, bertempat di SMP 1 Sukamulia, dihadiri oleh Kepala Sekolah, Guru Komite Pembelajaran dan Pengawas yang terlibat dalam program tersebut.

Dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lombok Timur, Izzuddin, S.Pd., acara ini menjadi panggung inspirasi bagi para pendidik untuk mengasah keterampilan dalam perencanaan pembelajaran yang efektif. Dalam sambutannya, Izzuddin menegaskan bahwa pengalaman peserta dalam program Sekolah Penggerak haruslah diakhiri dengan penanaman nilai-nilai yang kuat melalui pengimbasan.

Lokakarya perencanaan pembelajaran ini didesain untuk memberikan dukungan kepada sekolah-sekolah penggerak dalam merancang strategi pembelajaran yang berfokus pada kebutuhan unik setiap murid. Pendekatan ini muncul sebagai refleksi dari komitmen Kabupaten Lombok Timur dalam menciptakan pendidikan inklusif yang memberi perhatian kepada perbedaan individu.

Dalam rangka mencapai tujuan ini, para peserta lokakarya terlibat dalam berbagai sesi diskusi kelompok, diskusi panel, dan presentasi individu. Dengan berbagi pengalaman dan ide, para pendidik berupaya merumuskan langkah-langkah praktis yang dapat diterapkan dalam pembelajaran sehari-hari. Perencanaan pembelajaran yang tepat sasaran diharapkan dapat menciptakan lingkungan belajar yang memotivasi dan mendukung kemajuan setiap siswa.

Dengan mengutamakan perencanaan pembelajaran yang adaptif dan inklusif, diharapkan dapat melahirkan generasi yang lebih siap menghadapi tantangan masa depan. Lokakarya ini bukan hanya sekadar forum diskusi, tetapi juga wadah untuk mewujudkan cita-cita besar pendidikan yang menghormati keberagaman dan memberi nilai yang mendalam bagi setiap anak.