BGP NTB – Minggu, 19 November 2023 Balai Guru Penggerak (BGP) NTB telah menyelenggarakan lokakarya 3 angkatan 9 secara serentak di seluruh kabupaten/kota di NTB. lokakarya bertema peran pemimpin dalam pembelajaran ini berjalan lancar diawali dengan pembukaan oleh masing-masing kepala cabang dinas atau kepala dinas pendidikan dan kebudayaan yang juga memberikan sambutan dan amanat serta harapannya kepada para peserta terhadap kegiatan ini.

Dalam kegiatan pembukaan tersebut laporan kegiatan juga disampaikan oleh ketua panitia lokakarya di setiap kabupaten/kota. sementara itu, kepala BGP NTB Drs. Suka, M.Pd hadir dan memberikan sambutan kegiatan di Kabupaten Lombok tengah. Ia menyampaikan apresiasi dan dukungan penuh terhadap peran guru penggerak dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas. Beliau juga menekankan pentingnya kolaborasi antara pemerintah, sekolah, dan masyarakat dalam mendukung upaya para guru penggerak dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

Usai kegiatan pembukaan para peserta melanjutkan kegiatan di dalam masing-masing kelas lokakarya bersama pengajar praktik. Dalam proses pembelajaran ini ditanamkan pemahaman bermakn, yakni penerapan pembelajaran berdiferensiasi dan sosial emosional memungkinkan guru untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran.

Terdapat tiga poin utama yang dihasilkan dalam lokakarya ini, yakni Hasil refleksi dari simulasi dan penerapan pembelajaran berdiferensiasi, Hasil refleksi dari Praktik mindfulness dan integrasi lima kompetensi sosial emosional dalam praktik mengajar dan Strategi berbagi pengalaman belajar dengan rekan sejawat mengenai pembelajaran berdiferensiasi dan kompetensi sosial emosional.