BGP NTB – Suasana ceria dan kebersamaan terpancar dalam upacara peringatan Hari Guru Nasional di Balai Guru Penggerak (BGP) Nusa Tenggara Barat (NTB) 25 November 2023. Acara yang sedikit berbeda ini dihadiri oleh perwakilan guru penggerak, kepala sekolah pelaksana Program Sekolah Penggerak (PSP), dan kepala sekolah pelaksana Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) dari seluruh kabupaten/kota di NTB.

Upacara dimulai dengan penuh semangat, pengibaran bendera merah putih oleh paskibra dari SMAN 1 Mataram, diiringi oleh indahnya paduan suara BGP NTB menyanyikan lagu kebangsaan “Indonesia Raya.” Petugas upacara, yang merupakan siswa-siswi dari SMAN 1 Mataram, dengan cekatan membawakan tugasnya mulai dari pemimpin upacara, pembaca teks pembukaan UUD 1945, hingga pembawa teks Pancasila.

Kepala BGP NTB, sebagai pembina upacara, menyampaikan amanat dan pidato Menteri Kemdikbudristek. Dalam pidato tersebut, Menteri menyampaikan perjalanan prestasi dan inovasi di dunia pendidikan selama empat tahun terakhir. Peserta upacara, dengan beragam pakaian adat nusantara, mengikuti dengan khidmat, menciptakan suasana yang kaya akan warna dan kebhinekaan.

Dengan tema “Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar,” upacara ini memberikan penghormatan dan apresiasi kepada para guru sebagai garda terdepan dalam membimbing dan membentuk generasi penerus bangsa. Selamat Hari Guru Nasional tahun 2023, semoga semangat ini terus menginspirasi perjalanan pendidikan Indonesia ke depan.