BGP NTB – Sabtu, 25 November 2023 Balai Guru Penggerak (BGP) Nusa Tenggara Barat (NTB) menjadi saksi puncak kemeriahan dalam peringatan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2023. Rangkaian kegiatan yang dimulai sejak 24 November lalu dihiasi dengan apresiasi kepada para pemimpin pendidikan dan pengajar yang berdedikasi.

Pada tahun ini, BGP NTB memberikan apresiasi khusus kepada kepala sekolah Pelaksana Program Sekolah Penggerak (PSP) angkatan 1, kepala sekolah pelaksana Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Mandiri, dan Guru Penggerak (GP) angkatan satu sampai tujuh dari seluruh wilayah kerja BGP NTB. Ada tiga kategori penerima anugerah istimewa apresiasi GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) yaitu Pertama, Guru Penggerak Inspratif , Kedua, Sekolah Penggerak Angkatan 1 Inspiratif Ketiga Sekolah Pelaksana IKM Mandiri Inspiratif. Proses penjaringan sampai kepada penetapan Penerima dilakukan dengan mempertimbangkan beberapa aspek diantaranya, keaktifan di dalam mengoptimalkan PMM (Platform Merdeka Mengajar), Keaktifan dalam Komunitas Belajar, Keaktifan dalam melakukan aksi nyata/Pengimbasan serta input dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan/Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan/Kepala Sekolah/Ketua Komunitas Belajar Kab/Kota masing masing. Sampai akhirnya terpilihlah 110 penerima apresiasi dengan rincian 74 orang Guru Penggerak Angkatan 1 s.d 7, 30 Sekolah pelaksana IKM Mandiri dan 6 Sekolah Penggerak Angkatan 1.

Rangkaian kegiatan dimulai dengan Kegiatan Talkshow dengan tema “Multifaktor dalam Implementasi Kurikulum Merdeka: Program Sekolah Penggerak dan Sekolah Perjumpaan” pukul 19.30 sampai selesai pada 24 November, dengan menghadirkan akademisi dan praktisi yang mumpuni dari UIN Mataram dan Unram. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan upacara peringatan HGN pada 25 November pukul 08.00 WITA. Peserta terdiri dari 110 penerima anugerah istimewa apresiasi GTK, 50 peserta kegiatan pekan bukti karya komunitas Belajar, serta tamu undangan. Setelah upacara, suasana kebersamaan semakin terasa saat peserta, pegawai BGP NTB, dan tamu undangan berkeliling ke stand-stand pameran pekan bukti karya komunitas belajar yang menarik.

Acara mencapai puncaknya dengan pengumuman dan penyerahan anugerah istimewa apresiasi GTK di Ballroom Mandalika, gedung Wisma Disiplin lantai 3 BGP NTB. Peresmian bangunan tersebut menjadi momen bersejarah, ditandai dengan pemotongan pita oleh kepala BGP NTB, Drs. Suka, M.Pd. dan Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah.

Kegiatan istimewa ini dihadiri oleh pejabat yang mewakili Gubernur NTB, kepala dinas pendidikan dan kebudayaan Provinsi NTB, Walikota, Bupati, kepala cabang dinas, serta tamu undangan lainnya. Apresiasi tidak hanya terbatas pada 110 peserta dari unsur GP, PSP, dan IKM, melainkan juga diberikan kepada dinas-dinas pendidikan, walikota, dan bupati yang menjadi mitra pendukung program prioritas BGP NTB.

Acara semakin berwarna dengan berbagai penampilan hiburan yang memukau, memberikan pengalaman tak terlupakan bagi peserta dan para tamu undangan. Sebagai penutup yang meriah, seluruh peserta dan undangan secara bersama-sama mengikuti live perayaan puncak Hari Guru Nasional 2023 di Ballroom Mandalika. Acara ini dikomando oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia melalui zoom meeting bersama seluruh UPT Kemdikbud dari berbagai penjuru Nusantara.

Anugrah Istimewa Apresiasi GTK ini adalah wujud kepedulian BGP NTB terhadap dedikasi dan perjuangan guru dalam mendidik dan mencerdaskan anak-anak bangsa. Guru bukanlah hanya sosok berpakaian rapi yang pergi dari rumah tiap pagi pulang disiang atau sore hari, tapi mereka adalah bagian dari hidup kita, guru ternyata ada di sekeliling kita, mengajar dan mendidik anak-anak kita sebagai penerus bangsa Indonesia. Peran guru kian nyata, baik di mata keluarga serta lingkungan sosialnya. Dengan ilmu yang dimiliki oleh guru, pengetahuan akan dibagikan melalui tutur kata, keterampilan dan sikap dengan gestur dan praktik. Guru adalah teladan bagi kita semua. Dengan menyadari keberadaan dan kepentingannya, diharap peringatan HGN ini menjadi ajang penghargaan untuk guru di seluruh Indonesia tidak terkecuali kepada guru yang ada di Provinsi NTB

Selamat Hari Guru Nasional. Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar!