BGP NTB – Balai Guru Penggerak (BGP) Nusa Tenggara Barat (NTB) menyelenggarakan Pekan Bukti Karya Komunitas Belajar yang digelar mulai tanggal 24 hingga 26 November 2023. Kegiatan yang dihadiri oleh berbagai komunitas belajar terpilih yang aktif di 5 kabupaten/kota di Pulau Lombok ini menjadi ajang unik untuk berbagi pengalaman dan merayakan prestasi.

Acara ini secara resmi dibuka oleh Kasubbag Umum BGP NTB, Mas’ud, S.Pd., yang juga memberikan kata sambutan. Ia menyatakan pentingnya peran komunitas belajar dalam pengembangan pendidikan, terutama dalam konteks kurikulum merdeka dan peningkatan hasil belajar siswa.

Sasaran kegiatan ini adalah komunitas belajar yang memenuhi kriteria tertentu dan telah aktif berkontribusi dalam menggerakkan pendidikan di wilayahnya masing-masing. Rangkaian materi dan acara yang disajikan mencakup berbagai aspek, mulai dari pemahaman kebijakan BGP NTB, berbagi praktik baik antar komunitas belajar, pameran bukti karya, hingga refleksi kegiatan dan Rencana Tindak Lanjut (RTL).

Pameran bukti karya komunitas belajar menjadi salah satu highlight acara. Setiap stan dipenuhi dengan kreativitas dan dedikasi, menciptakan suasana penuh warna dan meriah. Kepala BGP NTB dan para pengunjung dari berbagai kalangan, termasuk peserta upacara peringatan Hari Guru Nasional BGP NTB, antusias dalam menjelajahi setiap stand dan menggali informasi tentang inovasi dan prestasi komunitas belajar.

Kepala BGP NTB, Drs. Suka, M.Pd., dalam penutupan acara menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap semua komunitas belajar yang telah berpartisipasi. “Pekan Bukti Karya Komunitas Belajar bukan hanya sebagai wadah pameran, tetapi juga sebagai sarana untuk meningkatkan kolaborasi dan pertukaran pengetahuan antar komunitas. Ini adalah langkah positif menuju peningkatan kualitas pendidikan di NTB,” ungkapnya.

Acara ditutup dengan sukses, namun dampaknya akan terus dirasakan dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran di wilayah tersebut. Pekan Bukti Karya Komunitas Belajar memberikan inspirasi dan motivasi baru bagi para pendidik dan tenaga kependidikan untuk terus berinovasi dan berkolaborasi demi masa depan pendidikan yang lebih baik.