BGP NTB – Kabupaten Lombok Timur (7 Desember 2023) Sebanyak 170 peserta yang terdiri dari Kepala Sekolah, Pengawas, dan 11 orang Fasilitator, mengikuti Lokakarya Disiplin Positif Program Sekolah Penggerak Angkatan 2 Tahun Kedua di SMKN 1 Selong. Acara yang berlangsung pada tanggal 30 September 2023 ini dihadiri oleh Kasi GTK Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten Lotim, M. Makmun, serta Subkoor PPP Dinas Dikbud Kabupaten Lotim, H. Abidillah.

Sesi pembukaan dimulai dengan laporan kegiatan dari Fauziyah Syahrawati, M.Ed yang mewakili Kepala Balai Guru Penggerak (BGP) NTB. Beliau menjelaskan bahwa materi yang akan dibahas dalam lokakarya ini sejalan dengan materi modul 1.4 Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP), yang melibatkan konsep-konsep seperti keyakinan kelas, motivasi internal, segitiga restitusi, dan lima posisi kontrol guru.

Pembukaan resmi dan penyelenggaraan acara kemudian dilakukan oleh Kasi GTK Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten Lotim, M. Makmun. Dalam sambutannya, beliau tidak hanya membuka secara resmi acara tetapi juga memberikan motivasi kepada seluruh peserta. Ia menekankan pentingnya mengikuti kegiatan ini dengan penuh perhatian dan antusias, serta mendorong agar ilmu yang diperoleh nantinya dapat diimplementasikan dengan baik di sekolah masing-masing. “Dengan disiplin positif, kita dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan memberikan dampak positif bagi perkembangan peserta didik. Saya berharap, setelah mengikuti lokakarya ini, peserta dapat mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan baru dalam pengelolaan kelas dan pembinaan siswa,” ujar M. Makmun.

Lokakarya Disiplin Positif ini diharapkan menjadi wahana bagi para pendidik untuk meningkatkan keterampilan mereka dalam mengelola kelas dan membina perilaku siswa secara positif. Dengan kehadiran narasumber yang kompeten dan antusiasme peserta, diharapkan acara ini dapat memberikan kontribusi positif bagi dunia pendidikan di Kabupaten Lombok Timur.