BGP NTB – Dalam upaya meningkatkan efektivitas pengelolaan kinerja guru dan kepala sekolah, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan merilis fitur Pengelolaan Kinerja Guru dan Kepala Sekolah pada Platform Merdeka Mengajar (PMM) pada Selasa, 19 Desember 2023. Seiring dengan peluncuran ini, Balai Guru Penggerak (BGP) NTB mengadakan rapat koordinasi daring untuk akselerasi pengelolaan kinerja tersebut.

Rapat yang diselenggarakan melalui Zoom Meeting pada hari ini, 9 Januari 2024, dihadiri oleh berbagai stakeholder pendidikan yang memiliki peran penting dalam kesuksesan program ini. Beberapa unsur yang turut serta antara lain Kepala Kantor Regional X BKN Denpasar Bali Dr. Yudhantoro Bayu Wiratmoko, S.Kom, MMSI Kepala BGP NTB Drs. Suka, M.Pd., Perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB, Kepala/perwakilan BKD/BKPSDM se NTB, Kepala/perwakilan Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan se NTB, Kepala/perwakilan BPMP NTB, Pengawas Sekolah se NTB, Tim Kerja Manajemen Talenta Guru BGP NTB, dan Kapten Belajar.id NTB bersama Co. Kabupaten/Kota se NTB.

Rapat koordinasi ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dan memastikan kolaborasi yang sinergis antara seluruh stakeholder pendidikan. Fokus utama rapat adalah mensukseskan implementasi pengelolaan kinerja guru dan kepala sekolah melalui aplikasi PMM. Pengelolaan kinerja melalui PMM ini terdiri dari tiga langkah utama, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian.

Dalam sambutannya, Drs Suka, Kepala BGP NTB, menyampaikan harapannya agar setiap langkah dalam pengelolaan kinerja ini dapat dipahami dengan baik oleh seluruh guru dan kepala sekolah ASN yang menjadi sasaran. Dengan demikian, diharapkan akan terjadi peningkatan signifikan dalam kualitas pengelolaan kinerja di lingkungan pendidikan.

Penggunaan PMM diharapkan dapat membantu para pendidik dalam menyusun perencanaan, menjalankan kegiatan pembelajaran, dan melakukan evaluasi kinerja dengan lebih praktis dan bermakna. Transformasi ini juga diharapkan dapat membawa dampak positif bagi dunia pendidikan di NTB.