BGP NTB – Balai Guru Penggerak Provinsi Nusa Tenggara Barat atau BGP Provinsi NTB adalah Satuan Kerja Unit Pelaksana Teknis Setingkat Eselon 3 (tiga) yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK). BGP Provinsi NTB merupakan transformasi pendidikan dari Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (BP-PAUD dan Dikmas) Nusa Tenggara Barat yang sebelumnya berada di bawah Direktorat Jenderal PAUD Dikdas dan Dikmen.

Perubahan struktur organisasi pada Kemendikbudristek dan amanat penyelenggaraan Permendikbudristek Nomor 14 Tahun 2022 membuat Balai Guru Penggerak baru terbentuk di pertengahan tahun 2022 (Semester II). BP-PAUD dan Dikmas yang berada di 29 provinsi, dilikuidasi menjadi satuan kerja Balai Guru Penggerak, sehingga tidak hanya terjadi perubahan nomenklatur, namun juga terdapat perpindahan aset antar Unit Utama (Ditjen PAUD Dikdasmen ke Ditjen GTK), perubahan tugas dan fungsi, serta target capaian kinerja.

Pada tahun 2024, Balai Guru Penggerak Provinsi Nusa Tenggara Barat kembali menyelenggarakan program-program prioritas Kemendikbudristek, yaitu Program Sekolah Penggerak, Program Pendidikan Guru Penggerak dan Implementasi Kurikulum Merdeka. Selain itu, terdapat juga beberapa program inovasi berupa Pelatihan untuk Guru PJOK dan Guru Pendidikan Bahasa Inggris. Demi lancarnya pelaksanaan kegiatan-kegiatan tersebut, maka BGP NTB perlu untuk melakukan koordinasi dan sosialisasi kepada pemangku kepentingan dan pihak-pihak terkait, sehingga semua stakeholders terkait memahami peran dan fungsi masing-masing dalam mendukung suksesnya program prioritas Kemendikbudristek.

Berdasarkan uraian diatas BGP NTB akan melaksanakan Rapat Koordinasi Pelaksanaan Program dan Anggaran Balai Guru Penggerak (BGP) Provinsi NTB Tahun 2024  pada tanggal 20 – 22 Februari 2024 bertempat di Hotel Astoria Lombok-Kota Mataram yang akan dihadiri oleh 309 peserta terdiri dari unsur: BPMP NTB, Kantor Bahasa NTB, Tim PDM 01 PSP BPMP NTB, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten/ Kota, Kepala Kantor Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten/ Kota, Kepala Bidang GTK Dinas, Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten/ Kota/Provinsi, Fasulitator Sekolah Penggerak Angkatan 1, Fasilitator Sekolah Penggerak Angkatan 2, Fasilitator Sekolah Penggerak Angkatan 3, Fasilitator Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 9, Pengajar Praktik Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 9, Staff BGP NTB

Tujuan kegiatan ini adalah Mensosialisasikan kebijakan program dan anggaran Balai Guru Penggerak Provinsi NTB pada tahun 2024.

Akan hadir sebagai narasumber pada kegiatan ini adalah Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si PJ Gubernur NTB, Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd., Direktur Jenderal GTK dan Dr. Kasiman, S.Pd., S.T., M.M. Direktur KSPSTK Dirjen GTK.

Rapat koordinasi ini diharapkan dapat menghasilkan rumusan program dan anggaran BGP NTB Tahun 2024 yang efektif dan efisien, serta meningkatkan koordinasi dan sinergi antar stakeholder pendidikan dalam mendukung program BGP NTB.