BGP NTB – Sebanyak 308 peserta berkumpul di Lombok Astoria Mataram untuk menghadiri kegiatan Rapat Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Program Balai Guru Penggerak (BGP) NTB. Kegiatan ini dimulai hari Selasa, 20 Februari 2024 dan sebagaimana yang telah direncanakan akan dilangsungkan hingga 23 Februari 2024. Peserta terdiri dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (dikbud) se-NTB, kepala cabang dinas dikbud se-NTB, Fasilitator Program Sekolah Penggerak (PSP) angkatan 1, 2 dan 3, Fasilitator Pendidikan Guru Penggerak (PGP) angkatan 9, Pengajar Praktik PGP angkatan 9, staf BGP NTB, Kepala BPMP NTB, Kepala Kantor Bahasa NTB, dan Tim PDM 01 PSP BPMP NTB. 

Kegiatan ini diawali dengan sambutan yang meriah dari siswi-siswi SDN 1 Ampenan dan penampilan Band dari SLB N 1 Lombok Barat yang sangat berkesan dan menarik hati seluruh hadirin. Selain itu, kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala BGP NTB Drs. Suka, M.Pd. yang menyampaikan laporan singkat kegiatan, Dr. H. Aidy Furqan, S.Pd.,M.Pd (Kepala Dinas Dikbud Provinsi NTB) menyampaikan sambutan mewakili PJ Gubernur, serta Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd. (Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan) yang menyampaikan Kebijakan Program Direktorat Jenderal GTK Kemdikbudristek Tahun 2024 sekaligus membuka kegiatan.

Usai membuka kegiatan, Ibu Direktur didampingi para pejabat yang hadir dan disaksikan para peserta melakukan peresmian gedung lantai tiga wisma disiplin BGP NTB secara simbolis. Peresmian ini ditandai dengan penandatanganan prasati, menandakan dimulainya era baru dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan pendidikan di NTB.

Dalam sambutannya, Drs. Suka, M.Pd., Kepala BGP NTB, menyampaikan terima kasih kepada seluruh peserta yang telah hadir dalam rapat koordinasi ini. Ia juga menekankan pentingnya kerja sama dan kolaborasi antar semua pihak terkait untuk mencapai tujuan bersama dalam meningkatkan kualitas pendidikan di NTB. Selain itu ia juga menyampaikan beberapa capaian yang telah diraih selama ini serta program-program yang telah dan akan dijalankan ke depannya. “Selama dua tahun terakhir ini, BGP NTB telah meraih Nilai Kinerja Anggaran (NKA) terbaik. Pada tahun 2022 meraih peringkat pertama dan tahun 2023 peringkat kedua di lingkungan GTK. Hal ini tentunya kami raih dengan kerjasama tim yang harmonis dan tidak lepas dari sinergi, kolaborasi dengan berbagai pihak” Ungkapnya.

Rapat koordinasi ini diharapkan dapat menjadi momentum bagi semua pihak terkait untuk bersama-sama memperhatikan kebijakan dan program yang dapat memberikan dampak positif bagi dunia pendidikan di NTB. Semua peserta diharapkan dapat aktif berpartisipasi dalam diskusi dan berbagi pengalaman serta ide untuk mencapai tujuan bersama.

Dengan semangat yang tinggi dan komitmen yang kuat, diharapkan NTB dapat menjadi contoh dalam pelaksanaan kebijakan dan program pendidikan yang efektif dan berkelanjutan. Untuk itu rapat koordinasi ini diharapkan dapat menjadi langkah awal yang baik dalam mencapai tujuan bersama. Semua pihak diharapkan dapat terus berkolaborasi dan bekerja sama untuk mencapai visi bersama dalam meningkatkan kualitas pendidikan di NTB. Dengan semangat yang tinggi dan komitmen yang kuat, diharapkan NTB dapat menjadi contoh dalam pelaksanaan kebijakan dan program pendidikan yang efektif dan berkelanjutan. Hal ini menjadi pesan mendalam yang disampaikan Nunuk Suryani saat memberikan sambutan dan materi dalam kegiatan ini.