BGP NTB – Balai Guru Penggerak (BGP) Nusa Tenggara Barat (NTB) hari ini menyelenggarakan Lokakarya Kurikulum Program Sekolah Penggerak Angkatan 3 dengan tema “Komunitas Belajar 1”. Kegiatan ini diikuti oleh 62 orang peserta yang terdiri dari pengawas sekolah, kepala sekolah, dan pendidik yang bertempat di SMKN 1 Pemenang – Lombok Utara, Sabtu 24 Februari 2024.

Tujuan dari lokakarya ini adalah untuk meningkatkan kompetensi peserta dalam membangun budaya belajar bersama yang berkelanjutan melalui komunitas belajar, sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar peserta didik.

Dalam laporannya, Rizky Rachmadiniar, M.Pd. Widyaprada BGP NTB, mewakili Kepala  BGP NTB menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan secara serentak di 9 Kabupaten/Kota di NTB. Selain itu, Ibu Rizky juga menyampaikan informasi mengenai rekrutmen Fasilitator PJOK di NTB yang dibuka pada tanggal 22 Februari – 6 Maret 2024, juga menekankan kedisiplinan peserta yang harus ditingkatkan lebih baik lagi kedepannya

Bambang Siswanto, Kabid Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lombok Utara, dalam sambutannya menyampaikan bahwa sebagai sekolah penggerak, disiplin merupakan hal yang wajib.

Syaiful Ahyar, selaku Kepala Cabang Dinas (KCD) Dikbud KLU, dalam sambutan sekaligus membuka kegiatan menyampaikan harapannya agar melalui lokakarya ini semua komunitas belajar yang ada di Lombok Utara dapat dimaksimalkan.

“Selama ini saya melihat komunitas belajar hanya dibentuk saja tanpa ada kegiatan yang masif,” ujar Syaiful Ahyar.

Lokakarya ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi para peserta dalam membangun komunitas belajar yang efektif dan berkelanjutan, sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar peserta didik di NTB