BGP NTB – BGP NTB menggelar Lokakarya Kurikulum, Pengawas Sekolah, kepala Sekolah, dan Guru, Program Sekolah Penggerak Angkatan 1 Tahun ke- 3 “Disiplin Positif” (28/2/2024) di SMAN 1 Kota Bima. Lokakarya ini di hadiri oleh 39 peserta yang terdiri dari unsur Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah dan Komite Pembelajaran, juga 4 orang Fasilitator Sekolah Penggerak. Turut hadir pada acara pembukaan yaitu Kepala BGP NTB-Drs Suka. M. Pd,Kepala Dikbudpora yang di Wakili oleh Kabid Dikdas Humaidin. M. Pd. KCD Kota dan Kab Bima, Koordinator Pengawas dan Kepala Sekolah SMAN 1 Kota Bima

Melalui Sambutan Kepala BGP NTB-menyampaikan bahwa lokakarya ini diharapkan menjadi momentum bagi Kepala Sekolah Penggerak untuk tetap menjaga semangat dan kekompakan. Mengingat ini adalah tahun terakhir pelaksanaan program Sekolah Penggerak angkatan 1.Beliau juga menyampaikan bahwa di tahun 2024 ini, BGP NTB mendapatkan amanah untuk mengawal jalannya Pelatihan bagi guru PJOK, sehingga bagi guru-guru yang memiliki kompetensi dan memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan, agar mendaftarkan diri. Saat ini sedang proses rekrutmen Calon Fasilitator PJOK. Lebih jauh lagi, beliau mengingatkan agar para peserta lokakarya hadir tepat waktu dalam setiap penyelenggaraan lokakarya Kedepan.

Selanjutnya, KCD Dikpora Kab Bima dan Kota Bima-Siti Mariatun. M. Pd. menyampaikan bahwa Kepala Sekolah Penggerak harus banyak bersyukur karena tidak semua sekolah bisa melaksanakan Program Sekolah Penggerak. Oleh karena itu mari sama sama luruskan niat, bahwa kita hadir di tempat ini untuk terus semangat dalam menimba ilmu melalui program Sekolah Penggerak.

Setelah mengikuti acara pembukaan Lokakarya PSP Angkatan 1 di SMAN 1 Kota Bima. Kepala BGP NTB bersama Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Bima menghadiri Kegiatan Kombel KKG Kecamatan Mpunda di SDN 11 Manggemaci Kota Bima.

Turut hadir Kabid Dikdas Muhammad Humaidin, M.Pd mendampaingi Kadis Dikpora dalam Kegiatan KKG Kecamatan Mpunda Kota Bima. Pada kesempatan ini  Kepala BGP pak Suka menyampaikan bahwa kita semua menyesuaikan dengan paradigma pembelajaran yang selalu mengalami perubahan, terkait dengan E-kin PMM dan kita harus bisa terus beradaptasi dengan lingkungan dan beradaptasi dengan system yang serba canggih dan sudah di edarkan oleh Pemerintah Pusat melalu Dinas Pendidkan, Pemuda dan Olahraga Kota Bima, jangan sampai kita ketinggalan oleh siswa dimana siswa sekarang sudah pandai mengoperasikan gadjetnya dengan mengupdate ilmu dan pengetahuan agar tidak ketinggalan dengan siswa yang ada di Kota Besar seperti di Jakarta.

Pak Suka juga sekaligus mengajak bapak ibu guru mengembangkan diri di BGP yaitu Balai Guru Penggerak Provinsi Nusa Tenggara Barat, dan beliau menambahkan “kami siap untuk menfasilitasi, baik narasumber, dan tempat penginapan.” ucapnya dengan semangat 

Pak Madi menambahkan KKG berfungsi sebagai wadah untuk melakukan berbagai kegiatan penunjang kegiatan belajar mengajar, antara lain merencanakan strategi belajar mengajar, membuat alat pelajaran, membuat lembar kerja,Iembar tugas, dan mendiskusikan masalah-masalah yang dijumpai di kelas masing-masing

Hasil penelitian tentang KKG berpengaruh positif terhadap kinerja guru sebesar 24.30%. Kegiatan Kelompok Kerja guru merupakan wadah bagi guru-guru untuk mengembangkan kemampuan profesionalnya agar kualitas sumber daya manusia dapat terus di tingkatkan melalui organisasi.

KKG sebagai wadah pengembangan profesionalisme guru antara lain bertujuan untuk: (1) memfasilitasi kegiatan yang dilakukan di pusat kegiatan guru berdasarkan masalah dan kesulitan yang dihadapi guru, (2) memberikan bantuan profesional kepada para guru kelas dan mata pelajaran di sekolah, (3) meningkatkan pemahaman. tegasnya.