BGP NTB – Sebanyak 110 peserta yang terdiri dari pengawas, kepala sekolah, dan guru dari seluruh sekolah jenjang pendidikan dasar dan menengah di Kabupaten Bima mengikuti Lokakarya Kurikulum PSP Angkatan 3 Tahun ke-1 dengan tema “Komunitas Belajar 2”. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Balai Guru Penggerak (BGP) Nusa Tenggara Barat di SMAN 1 Woha pada hari ini (9/3/2024).

Perwakilan Kepala BGP NTB Noviani Tri Purna Hanggastuti, S.Pd., Widyarapada BGP NTB, dalam sambutannya menyampaikan bahwa lokakarya ini merupakan yang kelima bagi PSP Angkatan 3. Beliau menekankan pentingnya disiplin waktu bagi para peserta agar proses kegiatan dapat berjalan dengan baik.

Kepala KCD Dikbud Bima dan Kota Bima Siti Maryatun, S.Pd., MM, yang hadir memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi kegiatan, menyampaikan harapannya agar satuan pendidikan yang ditunjuk sebagai penyelenggara kegiatan dapat menjaga kebersihan serta menyiapkan fasilitas yang memadai. Beliau juga mengapresiasi SMAN 1 Woha yang mendapat nilai positif dari BGP NTB.

Lebih lanjut, Ibu Siti Maryatun menekankan bahwa Sekolah Penggerak memiliki 5 fokus intervensi, salah satunya adalah digitalisasi. Beliau berharap para peserta dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi dan memanfaatkannya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

“Komunitas belajar sangatlah penting karena di dalamnya kita bisa saling mengisi kekurangan dan kelebihan masing-masing satuan pendidikan,” ujar Ibu Siti Maryatun. “Melalui lokakarya ini, diharapkan para peserta dapat membangun komunitas belajar yang kuat dan efektif untuk meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Bima.”

Lokakarya ini menghadirkan narasumber dari BGP NTB yang akan membahas berbagai materi terkait komunitas belajar, seperti: Konsep dan prinsip komunitas belajar, Peran dan tanggung jawab anggota komunitas belajar, Strategi membangun komunitas belajar yang efektif, Pengembangan program dan kegiatan komunitas belajar

Kegiatan lokakarya ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi para peserta dalam membangun komunitas belajar yang efektif dan berkelanjutan, sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar peserta didik di Kabupaten Bima.