BGP NTB – Sebanyak 95 orang peserta yang berasal dari unsur Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sumbawa, Cabang Dinas  Pendidikan Sumbawa, Calon Guru Penggerak (CGP) Sumbawa dan narasumber berjumlah 17 yang berasal dari unsur Pengajar Praktik mengikuti kegiatan Lokakarya 5 Angkatan 9 Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) yang diselenggarakan oleh Balai Guru Penggerak Nusa Tenggara Barat (BGP NTB) pada hari ini (16/3/2024) di SMKN 1 Sumbawa.

Dalam Lokakarya 5 dengan tema “Kolaborasi Dalam Pengelolaan Program Yang Berpihak Pada Murid” para peserta khususnya CGP akan dibekali dengan berbagai pengetahuan dan keterampilan dalam melaksanakan pembelajaran yang efektif dan inovatif sesuai dengan moderasi atau buku pegangan yang ada di Learning Management System (LMS).

Sambutan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sumbawa oleh Kasi GTK Sumbawa Ivan, S.Pd. “Ada tugas berat yang berat diemban kedepan salah satunya bagaimana Bapak/Ibu mengatasi krisis akhlak oleh karena itu saya harapkan Bapak/Ibu CGP  mampu berada dalam barisan terdepan untuk mengatasi masalah ini dengan salah satu solusinya adalah memberikan ilmu dan kata kuncinya memberikan keteladanan, satu hal yang menjadi catatan penting tentang PPGP terutama dari Angkatan 7 adalah tentang keterlambatan dari peserta, karena Bapak/Ibu merupakan calon pemimpin di masa depan maka sangat penting mengenai kedisiplinan ini”, ujar Ivan

“PPGP ini bertujuan untuk menyiapkan para pemimpin pendidikan Indonesia masa depan yang mampu mendorong tumbuh kembang murid secara holistik; aktif dan proaktif. Disamping itu Guru Penggerak harus menjadi pemimpin pembelajaran yang berpusat pada murid sesuai tema lokakarya 5 angkatan 9 kali ini adalah kolaborasi dalam pengelolaan program yang berpihak pada murid. Dalam penyelenggaraan lokakarya kali ini dan kegiatan-kegiatan selanjutnya secara penganggaran akan dilakukan secara cashless atau non tunai “, ujar Nurdiya’ul Fajri Widyaprada BGP NTB dalam sambutannya mewakili Kepala BGP NTB.

Nasrullah Darwis, M.Pd. Kepala Cabang Dinas (KCD)  Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sumbawa dalam sambutan sekaligus membuka kegiatan secara resmi menyampaikan rasa terima kasihnya kepada BGP NTB yang telah memfasilitasi semua kegiatan di Sumbawa ini. “Ketika kompetensi kita diatas rata-rata, kita yang akan dicari oleh pejabat terkait/Dinas, saya harapkan semua Guru Penggerak untuk terus menerus meningkatkan kompetensinya”, ujar Nasrullah.

Setelah acara pembukaan PP dan CGP memasuki ruang kelas masing-masing yang telah disediakan panitia dengan jumlah keseluruhannya 8 kelas untuk melakukan Coaching selama sehari penuh sesuai dengan moderasi yang ada