BGP NTB – Sumbawa, 16 Maret 2024. Cuaca mendung disertai angin kencang tidak mengurangi antusias Calon Guru Penggerak yang hari itu, Sabtu, 16 Maret 2024, mengikuti Lokakarya 5 Angkatan 9 di SMP 1 Sumbawa Besar. Kegiatan itu dihadiri juga oleh Kadis Dikbud Sumbawa, Kabid GTK dan perwakilan Cabang Dinas Sumbawa, 16 orang PP dan 86 calon guru penggerak.

Baharudin, SS yang bertindak sebagai Ketua Panitia menyampaikan laporan panitia dengan terlebih dahulu menyampaikan salam dari Kepala Balai Guru Penggerak yang bertugas dikabupaten lain. Adapun dalam laporanya Baharudin menyampaikan bahwa PPGP telah banyak melahirkan Guru Penggerak yang menurutnya telah membuat perubahan di satuan pendidikan di manapun Ia berkiprah. “Guru penggerak ini adalah Oase bagi terciptanya perubahan dan diharapkan perubahan itu sejalan dengan apa yang disampaikan oleh Paulo Preire yang menyebutkan bahwa guru adalah seniman, namun tidak berarti Ia bisa membuat profil dan membentuk siswanya, Yang mereka lakukan adalah pendidik dalam mengajar adalah memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menjadi dirinya sendiri.

Sementara itu, Kepala Dinas, Dr. Drs. M. Ikhsan Safitri menyampaikan perlunya konsistensi dalam melaksanakan kegiatan berdasarkan ilmu yang telah diperoleh dalam proses PPGP. “jangan terlalu cepat puas dengan hasil, teruslah bergerak dan berbuat terbaik dan tingkatkan soft skill karena menurut hasil Penelitian Soft skill itu adalam modal utama dalam kesuksesan seseorang” ungkapnya mengutip 10 faktor kesuksesan menurut Thomas J Stanley.