BGP NTB – Hari ini, 18 Maret 2024 BGP NTB telah melaksanakan kegiatan Pelatihan Model Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah Jenjang Sekolah Menengah. Peserta pelatihan berjumlah 80 orang Kepala Sekolah jenjang SMP dan SMA/SMK yang berasal dari 10 Kabupaten/Kota Se-Provinsi Nusa Tenggaa Barat

Kegiatan yang dilaksanakan di Wisma Disiplin BGP NTB ini diawali dengan registrasi peserta mulai pukul 10.00 s.d 12.30 Wita. Setelah itu dilanjutkan dengan Penjelasan teknis oleh panitia yang disampaikan oleh bapak Syamsul Mujahidin.M.Hum. Melalui penjelasannya- bahwa kegiatan pelatihan ini adalah tindaklanjut dari pendampingan fasilitator Model Kompetensi Kepala Sekolah yang di laksanakan  oleh Direktorat Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, dan Tenaga Kependidikan bertempat di Four Points by Sheraton Makassar Senin s.d Rabu, 4 s.d. 6 Maret 2024 di Makasar. Setelah kegiatan Pelatihan tahap Pertama, Rencana akan di lanjutkan dengan pelatihan tahap kedua yang akan berlangsung bulan April dengan sasaran peserta yang lebih banyak dari jenjang TK dan SD.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan proses pembukaan secara resmi pada pukul 15.00 s.d 16 00 Wita. Melalui arahan kepala balai yang di wakili oleh Kasubbag Umum BGP NTB Bapak Masud.S.Pd- menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya pelatihan ini secara umum untuk memberikan pemahaman kepada seluruh peserta terkait dengan implementasi perdirjen gtk no 7327/B.B1/HK.03.01/2023 tanggal 11 Desember 2023 tentang Model Kompetensi Kepala Sekolah. Beliau juga menghimbau agar seluruh segera melakukan proses pengimbaskan materi yang di peroleh selama mengikuti pelatihan dari tanggal 18 sampai dengan 20 Maret 2024 kepada satuan Pendidikan lainnya.

Setelah acara pembukaan selesai kemudian dilanjutkan dengan materi pertama yang di isi oleh para fasilitator yang sudah mendapatkan pembekalan diantaranya Dr.Sri Wahyuningsih (Kepala Sekolah SMAN 1 Selong Lombok Timur), Nahar. M.Pd (Kepala Sekolah SMPN 1 Sekotong Lombok Barat) dan Rizki Rahmadaniar,M,Pd, Syamsul Mujahidin.M.Hum (Pejabat Fungsional BGP NTB) dan Anggraini Naskawati. M.Pd (Pejabat Fungsional BPMP NTB)

Selama pelatihan berlangsung fasilitator dan peserta terlibat aktif,karena selama proses pembelajaran di kemas dengan menyenangkan dan berpusat pada peserta. Sehingga peserta merasa nyaman dan tidak merasa di gurui oleh para fasilitator, pungkas salah seorang peserta dari Kota Bima-Dedi.