BGP NTB – Kegiatan Lokakarya Orientasi Program Pendidikan Guru Penggerak di hadiri oleh 73 orang di SMAN 1 Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat (24/3/2024), peserta yang berasal dari unsur Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sumbawa Barat, Cabang Dinas Pendidikan Sumbawa Barat, Pengawas dari jenjang SMA, SMK/SLB, SMP, SD dan TK, Pengajar praktik, Calon guru penggerak dan Kepala Sekolah dari masing-masing calon guru penggerak.
Lokakarya orientasi ini bertujuan untuk menyamakan persepsi CGP, PP, Kepala Sekolah dan Pengawas sekolah serta membangun komitmen bersama. Dalam pelaksanaan kegiatan orientasi ini diisi dengan materi-materi seperti pengenalan program PGP, filosofi pendidikan ki hajar dewantara, kepemimpinan pembelajaran dan budaya positif.
Dalam sambutannya Kepala Balai Guru Penggerak (BGP NTB) memberikan semangat untuk para CGP sebagai awal proses pendidikan yang akan dijalani selama 6 bulan kedepan, dengan proses yang lama diharapkan bapak ibu CGP memanfaatkan pendidikan ini dengan maksimal sehingga lulusan Angkatan 10 di KSB akan menjadi guru penggerak yang menjadi contoh bagi rekan-rekan guru yang non guru penggerak.

Ucapan terimakasih oleh Kepala KCD Kab. Sumbawa Barat Supriyanto, kepada Kepala Balai yang sudah berkenan hadir langsung dan memberikan motivasi dan semangat kepada CGP Angkatan 10.
Dalam sambutannya kepala KCD menekankan fungsi guru yang terbagi menjadi 3 fungsi, fungsi yang guru pertama pengajar, fungsi kedua guru sebagai pendidik, dan fungsi yang ketiga guru sebagai Pelatih, selain itu guru dalam menjalankan tugas nya harus memiliki rasa suka, cinta dan sayang sehingga jabatan guru tersebut akan menjadi mulia.