BGP NTB -“Loka 0 adalah loka orientasi yang bertujuan agar CGP mengenali program PGP; alur, peran pendukung maupun kompetensi lulusan. Mengetahui posisi potensi diri pada kompetensi Guru Penggerak dan membuat rencana pengembangan kompetensi diri”. demikian isi Sebagian laporan panitia yang disampaikan Oleh Baharudin, SS yang hari itu mewakili Kepala Balai dalam kegiatan Lokakarya Orientasi ) di SMK 1 Kabupaten Sumbawa. Di samping itu, Ia tidak lupa menyampaikan permohonan maaf pimpinan karena tidak bisa hadir di kabupaten Sumbawa karena sedang menghadiri kegiatan yang sama di kabupaten lain. Mengutip salah satu ungkapan dari Jalaludin Rumi, bahwa perpisahan sesungguhnya ada bagi mereka yang mencintai dengan mata, sedangkan bagi mereka yang mencintai dengan hati dan jiwa, perpisahan sesungguhnya tidak pernah ada karena Ia akan selalu bersama kita selamanya, Baharudin menyampaikan salam maaf sekaligus salam perpisahan dari Kasubag BGP NTB yang akan segera memasuki purna tugas.

Kegiatan Loka Orientasi Angkatan 10 dihadiri oleh 85 orang CGP, 18 orang PP dan  72 orang Kepala Sekolah, perwakilan komunitas dan Peserta daerah. Dalam pesanya, atas nama Kepala BGP, Baharudin juga menyampaikan agar para PP semakin meningkatakan kinetrjanya sebagai ujung tombak program PGP. Demikian juga CGP diharapkan selalu serius dan penuh disiplin dalam mengikuti tahapan-tahapan PPGP.

Dalam sambutanya, Kabid GTK Kab. Sumbawa, Sutan Syarir, juga memberikan motivasi agar selama menempuh pembelajaran selama 6 bulan kedepan CGP bisa menjadi agen perubahan dan pelopor proses pembelajaran semakin bermutu. “ingat jangan sampai ada yang tidak lulus, karena ksempatan seperti ini belum tentu kita jumpai lagi di tahun-tahun yang akan datang”. Imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Cabang Dinas (KCD) Nasrullah Darwis, yang didaulat untuk menyampaikan sambutan sekaligus membuka kegiatan dengan resmi, menyampaikan agar PP bertanggung jawab selama lokakarya agar CGP A10 bisa lebih baik dari angkatan sebelumnya karena akan dipersiapkan sebagai leader di sekolah, optimalkan potensi diri untuk meraih sukses di masa depan.