BGP NTB – Sebanyak 52 Calon Guru Penggerak (CGP) dengan penuh semangat mengikuti kegiatan Lokakarya 6 Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 9 Kabupaten Lombok Tengah pada hari Minggu, tanggal 31 Maret 2024. Para peserta tersebut didampingi oleh 11 pengajar praktik dalam pembukaan yang digelar di aula SMPN 1 Praya Tengah.

Rangkaian acara pembukaan dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan indonesia raya dan mars guru penggerak. Selanjutnya sesi sambutan-sambutan diawali sambutan dan laporan singkat dari Mahayudin Syafari, M.Pd, yang mewakili Kepala Balai Guru Penggerak (BGP) NTB. Selanjutnya, sambutan kedua sekaligus pembukaan resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Lombok Tengah, Drs. H. L. Idham Khalid, M.Pd. Turut hadir juga Baiq Sumarti, S.Pd Kepala Bidang GTK Dinas Dikbud Kabupaten Lombok Tengah dalam acara pembukaan tersebut.

Usai pembukaan, para peserta melanjutkan kegiatan dengan pembelajaran di kelas-kelas yang dipandu oleh pengajar praktik. Pembelajaran dilakukan dengan berbagai metode sesuai dengan moderasi yang ditentukan. Tema lokakarya ke-6 adalah “Keberlanjutan Pengembangan Diri dan Sekolah”, dan beberapa sesi dalam pembelajaran tersebut antara lain:

  1. Pembukaan
  2. Berbagi Tujuan Program
  3. Rencana Pengembangan Sekolah
  4. Dimana Saya Sekarang? (Identifikasi Kekuatan Diri Dan Berbagi Kekuatan Diri)
  5. Ambil Pelajaran! Lakukan Perbaikan
  6. Rencana Penguatan Kompetensi Diri
  7. Tindak Lanjut Dan Penutup

Kegiatan lokakarya ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang positif dalam pengembangan kompetensi para calon guru penggerak serta meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Lombok Tengah.