BGP NTB – Sebanyak 145 peserta dari unsur pengawas, kepala sekolah, dan guru dari jenjang pendidikan dasar dan menengah di Kabupaten Lombok Timur mengikuti Lokakarya Kurikulum Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah, dan Guru Program Sekolah Penggerak Angkatan 2 Tahun Ke 2 dengan tema “Kepemimpinan Sekolah 1”. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Balai Guru Penggerak (BGP) Nusa Tenggara Barat di SMAN 2 Selong pada hari Minggu, 19 Mei 2024 .

Kegiatan ini didampingi oleh 9 Narasumber/Fasilitator yaitu: Muhammad Hadi Zuhri, M.Pd (Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Lombok Timur), Munawar, S.Ag (PAUD Ittihadul Amien), Rizki Rachmadaniar, M.Pd (BGP NTB), Sapri, M.Pd (Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lombok Timur), Selamet Riyadi, S.Pd., M.Pd (BPMP NTB), Yuyun Sambodo, S.Si., M.Pd. (BGP NTB), Mohamad Sakban, M.Pd (Unit Dikbud Kecamatan Wanasaba), Ibnu Wahyu Riyadi, S.Pd., M.Pd (BGP NTB), Lukmanulhakim, M. Pd. (Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Lombok Timur).

Perwakilan Plt. Kepala BGP Provinsi NTB Teduh Alam Sasmita, S.H., mengapresiasi Kabupaten Lombok Timur sebagai salah satu kabupaten yang sangat mendukung program prioritas nasional, termasuk Program Sekolah Penggerak (PSP), Pendidikan Guru Penggerak (PGP), dan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). Ia juga menyebutkan bahwa Lombok Timur telah melaksanakan Gebyar Sekolah Penggerak Angkatan 1 oleh pemerintah daerah setempat dan ini patut diapresiasi.

Kepala KCD Dikbud Kabupaten Lombok Timur H. Syaiful Islam, S.Pd., M.Pd., dalam sambutannya sekaligus membuka acara secara resmi, menyampaikan bahwa tujuan pemerintah mengadakan berbagai pelatihan dan workshop adalah untuk meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) dan memajukan pendidikan di Indonesia.

Lokakarya ini diharapkan dapat membantu para peserta dalam meningkatkan kemampuan mereka dalam memimpin pembelajaran yang efektif dan berpusat pada murid. Dengan demikian, diharapkan kualitas pendidikan di Kabupaten Lombok Timur dapat terus meningkat.