BGP NTB – Kantor Bahasa Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menyelenggarakan kegiatan Anugerah Pemilihan Duta Bahasa Provinsi NTB Tahun 2024. Acara ini berlangsung pada hari Rabu, 22 Mei 2024 di Ballroom Selaparang Hotel Lombok Raya, Mataram.

Dewi Amalia, ST, MM., selaku perwakilan dari Plt. Kepala Balai Guru Penggerak Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), turut hadir dalam acara tersebut .

Kehadiran dari BGP NTB dalam acara ini merupakan bentuk komitmen dan dukungan Balai Guru Penggerak NTB terhadap upaya pelestarian dan pengembangan bahasa daerah di NTB. Bahasa daerah merupakan bagian penting dari budaya dan identitas bangsa, sehingga perlu dilestarikan dan dikembangkan agar generasi muda tidak melupakan akar budayanya.

Hadir pada acara tersebut Dr. Puji Retno Hardiningtyas, S.S., M.Hum., Kepala Kantor Bahasa NTB, Hj. Lilies Miningrum, SE., BPMP Provinsi NTB dan Sumiati Yusuf, Asisten 1 TP PKK Provinsi NTB, mewakili Bunda Literasi TP PKK Provinsi NTB.

Dalam sambutannya, Dr. Puji Retno Hardiningtyas menyampaikan bahwa pemilihan Duta Bahasa ini bertujuan untuk mencari generasi muda NTB yang cerdas, berwawasan luas, dan memiliki kemampuan berbahasa Indonesia yang baik. Para Duta Bahasa terpilih nantinya akan menjadi perwakilan NTB dalam mempromosikan bahasa Indonesia di tingkat nasional dan internasional.

Sumiati Yusuf, mewakili Bunda Literasi TP PKK Provinsi NTB, dalam sambutan sekaligus membuka kegiatan secara resmi menyampaikan dukungannya terhadap kegiatan ini. Ia berharap Duta Bahasa NTB dapat berperan aktif dalam meningkatkan literasi masyarakat di NTB.

Anugerah Pemilihan Duta Bahasa NTB 2024 ini merupakan salah satu upaya Kantor Bahasa NTB dalam melestarikan dan mengembangkan bahasa Indonesia di NTB. Diharapkan dengan kegiatan ini, generasi muda NTB dapat semakin cinta dan bangga dengan bahasa Indonesia.