BGP NTB – Pada hari ini (27/5/2024) , Balai Guru Penggerak Provinsi Nusa Tenggara Barat (BGP NTB) berkolaborasi dengan Universitas Mataram menyelenggarakan Workshop Perencanaan Berbasis Data untuk SMP di Kota Mataram. Acara ini berlangsung di Ruang Sangkareang Kantor BGP NTB dengan jumlah peserta 30 orang, Kegiatan ini merupakan salah satu wujud pengabdian pada Masyarakat.

Drs. Suka, M.Pd., Plt. BGP NTB, menyampaikan sambutan hangat kepada para peserta workshop. Beliau menekankan pentingnya perencanaan berbasis data dalam meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah.

Mohamad Mustari, Ph.D., Dosen Universitas Mataram sekaligus Ketua Pengabdian Masyarakat, hadir sebagai pembicara utama dalam workshop ini. Beliau memaparkan beberapa hal terkait program workshop, antara lain:

Tujuan: Meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun perencanaan pembelajaran yang berbasis data.

Materi: Pengenalan konsep perencanaan berbasis data, Teknik pengumpulan dan analisis data dan Penyusunan perencanaan pembelajaran yang berbasis data

Metode: Penyampaian materi, diskusiĀ  dan praktik menyusun perencanaan pembelajaran.

Workshop ini diikuti oleh para guru SMP negeri dan swasta di Kota Mataram yang antusias untuk mempelajari perencanaan berbasis data. Diharapkan melalui kegiatan ini, para guru dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah mereka dengan memanfaatkan data yang tersedia.