BGP NTB – Balai Guru Penggerak (BGP) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) hari ini, Selasa 28 Mei 2024, menyelenggarakan pelatihan Model Kompetensi Pengawas di Hotel Astoria Lombok. Pelatihan ini diikuti oleh 80 orang peserta yang terdiri dari pengawas sekolah dari berbagai jenjang pendidikan di NTB.

Dalam sambutannya, Plt. Kepala BGP NTB Drs. Suka, M.Pd. menyampaikan bahwa pengawas memiliki peran penting dalam mengendalikan perubahan pembangunan pendidikan ke arah yang lebih baik. Tugas dan fungsi pengawas harus diketahui dan dipahami sebagai dasar melakukan pendampingan kepala sekolah di lapangan.

“Kondisi pengawas sampai saat ini masih belum sepenuhnya menjalankan tugas sebagai tenaga pendamping,” ujar Plt. Kepala BGP NTB. “Oleh karena itu, perlu dilakukan pelatihan dalam rangka peningkatan kompetensinya.”

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Mataram, Yusuf, S.Pd., yang mewakili Sekretaris Daerah Kota Mataram, menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Mataram berkomitmen untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan di daerahnya. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memberikan pelatihan kepada para pengawas sekolah.

“Kami berharap melalui pelatihan ini, para pengawas sekolah dapat meningkatkan kompetensinya dan mampu menjalankan tugasnya dengan lebih baik,” ujar Yusuf.

Pelatihan Model Kompetensi Pengawas ini akan berlangsung selama 4 hari, dari tanggal 28 hingga 31Mei 2024. Para peserta akan mendapatkan materi tentang berbagai hal terkait dengan tugas dan fungsi pengawas sekolah yang baru dari narasumber ahli pusat (Riskia Ramadhina S. Murad dan Wahyu Ekawati)  dan narasumber daerah (Sinarman, S.Pd., M.Pd, H. Lalu Muh Ismail, S.Pd., M.Pd, Mahayudin Syafari, M.Pd dan Syamsul Mujahidin, M.Hum)

Diharapkan dengan pelatihan ini, para pengawas sekolah di NTB dapat meningkatkan kompetensinya dan mampu berkontribusi lebih besar dalam pembangunan pendidikan di daerahnya.