BGP NTB – Seluruh pegawai Balai Guru Penggerak Provinsi NTB hari ini, Senin 3 Juni 2024, melaksanakan upacara bendera memperingati Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni. Pemilihan tanggal 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila merujuk pada momen sidang Dokuritsu Junbi Cosakai (BPUPKI) dalam upaya merumuskan dasar negara Republik Indonesia.

Plt. Kepala Balai Guru Penggerak Provinsi Nusa Tenggara Barat, Drs. Suka, M.Pd., bertindak sebagai pembina upacara dan menyampaikan naskah pidato resmi dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Dalam pidatonya, Suka menekankan pentingnya Pancasila sebagai pedoman hidup bangsa Indonesia.

“Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia,” ujar Suka.

Suka menambahkan bahwa selain regulasi yang berlandaskan pada semangat dan jiwa Pancasila, diperlukan keteladanan yang tercermin dari etika, integritas, dan karakter para pemimpin dan rakyat Indonesia.

Upacara bendera ini merupakan salah satu bentuk penghormatan dan komitmen Balai Guru Penggerak NTB untuk terus melestarikan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.