BGP NTB – Balai Guru Penggerak (BGP) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menyelenggarakan Pelatihan Model Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah Jenjang PAUD dan Sekolah Dasar di Wisma Disiplin BGP NTB, pada hari Selasa hingga Kamis  (4-6 Juni 2024). Pelatihan ini diikuti oleh 80 peserta dari unsur Kepala Sekolah jenjang PAUD dan SD di NTB.

Dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan, Drs. Suka, M.Pd., Plt Kepala BGP NTB, menyampaikan bahwa peningkatan kompetensi Kepala Sekolah secara massif sangatlah penting. Beliau menekankan bahwa BGP NTB sebagai penyelenggara akan berusaha membuat para peserta merasa senang dan nyaman saat menerima materi pelatihan.

“Penting bagi Kepala Sekolah untuk meningkatkan kompetensinya secara massif. Kami sebagai penyelenggara akan membuat Bapak/Ibu seolah-olah seperti bersenang-senang di saat menerima materi,” ujar Drs. Suka, M.Pd.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi Kepala Sekolah PAUD dan SD dalam memimpin dan mengelola sekolahnya dengan efektif dan efisien. Melalui pelatihan ini, diharapkan para Kepala Sekolah dapat: Meningkatkan kompetensi Kepala Sekolah terkait kebijakan Model Kompetensi Kepala Sekolah sesuai dengan Peraturan Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 7327/B.B1/HK.03.01/2023.

Pelatihan ini menghadirkan narasumber yang kompeten dan berpengalaman di bidang kepemimpinan sekolah yaitu : Syamsul Mujahidin, M.Hum (Fasilitator Model Kompetensi Kepala Sekolah/ Widyaprada Ahli Muda), Nahar, M.Pd (Kepala SMPN 1 Sekotong, Kab. Lombok Barat) dan Anggraini Naskawati, M.Pd (Fasilitator Model Kompetensi Kepala Sekolah/ Widyaprada Ahli Madya BPMP NTB)

Para peserta juga akan mendapatkan kesempatan untuk praktik dan diskusi dengan narasumber dan sesama peserta.

BGP NTB berkomitmen untuk terus menyelenggarakan pelatihan dan pengembangan kompetensi bagi para guru dan tenaga kependidikan di NTB. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di NTB.