BGP NTB – Lokakarya 2 Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 10 menjadi kesempatan yang luar biasa bagi para Calon Guru Penggerak (CGP) dalam memperkaya pengetahuan dan keterampilannya setelah belajar melalui daring dan Pendampingan Individu. Kegiatan ini secara serentak dilaksanakan hari ini (9/6/2024) di 8 Kabupaten (Bima, Dompu, Sumbawa, Sumbawa Barat, Lombok Timur, Utara, Tengah, dan Lombok Barat) lokasi sasaran Program PGP Angkatan 10 Provinsi NTB tahun 2024. Kegiatan lokakarya 2 Angkatan 10 ini dengan tema Visi Perubahan Lingkungan Belajar (Visi Guru Penggerak mengenai lingkungan belajar yang positif melandasi proses pengembangan kodrat murid yang selamat dan bahagia).
Untuk Kabupaten Bima pada lokakarya kali ini berlokasi di SMPN 2 Bolo dan dihadiri oleh peserta PPGP Angkatan 10 Kab. Bima sebanyak 64 orang, Pengajar Praktik 14 orang serta undangan sejumlah 5 orang. Selain itu, kegiatan ini juga dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) Kabupaten Bima Zunaidin, S.Sos.,MM. yang memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan secara resmi.

Dalam sambutannya, Zunaidin menyampaikan agar CGP benar-benar mengikuti kegiatan dengan baik sehingga dapat memetik manfaat dan ilmu yang diberikan. Selain itu Zunaidin menekankan akan pentingnya karakter yang baik, karena segala sesuatu yang dimiliki tidak akan berarti tanpa karakter yang baik. Laporan sekaligus Sambutan panitia penyelenggara disampaikan oleh Evi Yulastri Indriana mewakili kepala BGP NTB, dimana Ia menekankan pentingnya komitmen dari seluruh calon guru penggerak dan pengajar praktik selama rentetan proses pendidikan guru penggerak yang cukup panjang. Hadir pula dalam kegiatan ini Kepala Bidang GTK Dinas Dikbudpora Kabupaten Bima, Kepala Seksi GTK Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bima-Kota Bima, serta kepala sekolah dari SMPN 2 Bolo.

Selepas sesi pembukaan di ruang besar, selanjutnya seluruh CGP mengikuti aktifitas kelas di ruang kelas masing-masing yang telah dibagi sebelumnya berupa sesi diskusi dan presentasi dari para pengajar praktik. Mereka membahas berbagai hal penting terkait prakarsa perubahan level diri berdasarkan pembelajaran Modul 1.3, penerapan disiplin positif di kelas dan di sekolah berdasarkan pembelajaran Modul 1.4, serta membahas  dan menunjukkan kemampuan melakukan disiplin positif dengan segitiga restitusi.