BGP NTB-Balai Guru Penggerak (BGP) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Pengimbasan Pelaksana Program Sekolah Penggerak (PSP) Angkatan I di Hotel Aston Inn Mataram, 11 – 14 Juni 2024, dengan jumlah peserta sebanyak 112 orang. Kegiatan ini bertujuan untuk:

  1. Meningkatkan mutu pembelajaran agar lebih merata kepada lebih banyak sekolah dan daerah lainnya.
  2. Menciptakan ekosistem belajar bagi satuan pendidikan baik secara internal dalam sekolah dan eksternal secara kolektif.
  3. Merancang strategi dalam memperluas dan mempercepat terjadinya perubahan positif.
  4. Memperluas skala dampak yang dihasilkan dari Sekolah Penggerak yang telah mendapatkan pendampingan selama tiga tahun.

Ketua Panitia Kegiatan, Yuyun Sambodo, S.Si., M.Pd., PTP Ahli Muda, menyampaikan penjelasan teknis terkait kegiatan yang akan dilaksanakan selama 4 hari kedepan, dengan pola pelatihan 32 Jam Pelajaran.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lombok Timur, Izzudin, S.Pd., dalam sambutannya menyampaikan dukungannya terhadap program ini dan menyatakan bahwa “semua sekolah di Lombok Timur akan dipasang plang ramah anak”. Beliau juga berpesan kepada para peserta untuk memanfaatkan ilmu yang diperoleh dengan sebaik-baiknya dan mengaplikasikannya di sekolah masing-masing.

Plt. Kepala BGP NTB Drs. Suka, M.Pd. dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua Pelaksana Program Sekolah Penggerak Angkatan 1 yang telah melaksanakan program ini memasuki tahun ke-4. Beliau juga menyampaikan bahwa selama 4 hari kedepan para peserta akan mendapatkan ilmu untuk memantapkan kembali ilmu yang diperoleh selama 4 tahun kebelakang.

Kegiatan ini menghadirkan beberapa narasumber, di antaranya:

  • Rasyid Ridho, S.Pd (Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lombok Timur)
  • Dr. Syamsul Hadi, M.Pd (BPMP NTB)
  • Baiq Aryani Novianti, M.Pd (Universitas Hamzanwadi)
  • Sinarman, S.Pd., M.Pd (Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lombok Timur)
  • H. Martua Hamonangan Nasution, S.Pd., M.Pd., M.Kom

Melalui kegiatan ini, diharapkan para peserta dapat meningkatkan kompetensinya dalam mengimplementasikan program Sekolah Penggerak di sekolahnya masing-masing, sehingga dapat memberikan dampak yang lebih luas bagi peningkatan mutu pendidikan di NTB.